Apa Pemicu Migrain Sebenarnya?


http://klimg.com/kapanlagi.com/p/migrainwom30611_spar.jpg

Mengalami serangan migrain dadakan tampaknya bukan hal yang asing bagi sebagian besar orang. Adalah makanan, aroma yang terlalu kuat, cahaya, perubahan cuaca dan stress-lah yang menjadi pemicu utamanya. Namun, menurut dokter Larry Newman, MD., masing-masing orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda, ada yang migrainnya disebabkan oleh makanan, ada yang oleh cuaca, semua tergantung pada kondisi tubuh dan metabolismenya.

Seperti dikutip dari Shine, National Headache Foundation mengategorikan beberapa pemicu migrain antara lain:

Disebabkan oleh makanan

Beberapa makanan berikut mungkin menjadi pemicu seseorang mengalami migrain. Yang perlu diingat adalah, dokter Larry tidak menganjurkan Anda menghentikan konsumsi atas makanan tersebut, namun tetap waspada saja.

Keju (cheddar, brie, emmentaler, stilton, brie dan camembert); cokelat ; bumbu rendaman; acar; manisan; semua makanan ber-MSG; makanan yang tinggi nitrat; sour cream; kacang-kacangan; pepaya; kismis; plum; alpukat; jeruk; kafein; dan minuman beralkohol.

Disebabkan oleh menstruasi

Bagi kebanyakan wanita, saat masa haid datang di sanalah migrain sering muncul. Bahkan parahnya migrain ini akan bertahan selama beberapa hari sekalipun Anda sudah mengonsumsi obat-obatan. Penyebabnya adalah meningkatnya hormon estrogen di dalam tubuh.

Yang diperlukan saat migrain terjadi di masa haid adalah istirahat dan minum air putih yang cukup.

Disebabkan oleh cuaca

Udara panas dan dingin yang silih berganti dalam waktu yang cepat menyebabkan kondisi tubuh jadi kurang fit. Akibatnya migrain pun datang dan mengganggu aktivitas. usahakan untuk tetap berada di tempat yang dingin dan minum air putih yang cukup bila serangan migrain terjadi.

Disebabkan oleh aroma yang kuat

Siapa sangka bahwa aroma parfum dapat menyebabkan migrain? Namun, ini bukanlah sekedar mitos. Karena beberapa orang mengalami migrain setelah mencium aroma parfum yang sangat kuat, bagi mereka hal ini sangat mengganggu dan migrain muncul begitu saja.

Disebabkan oleh cahaya

Mata yang lelah dan cahaya yang tak beraturan dapat membuat seseorang langsung pusing dan migrain menyerang. Untuk itu dianjurkan tidur dalam keadaan gelap dan tidur berkualitas.

Disebabkan oleh stress

Sebenarnya pemicu utama migrain adalah saat seseorang stress. Migrain ini merupakan respon emosional dari seseorang saat menghadapi problem, kekhawatiran berlebih, kesedihan, rasa gugup, yang kemudian menyebabkan otak melepas beberapa bahan kimia pemicu migrain. Jaga kondisi Anda agar tetap rileks sehingga migrain tak sering menyapa diri Anda. Catat beberapa makanan yang Anda konsumsi sebelum Anda mengalami migrain, info ini akan sangat banyak membantu dokter mendiagnosa migrain Anda.[kapanlagi.com]


0 komentar:

Poskan Komentar