Gempa 6,6 SR Guncang Jepang

Ilustrasi: 

AFP TOKYO - Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang pesisir timur wilayah Jepang pagi hari ini. Tidak ada ancaman bahaya tsunami dilaporkan saat gempa melanda wilayah perairan luar Pulau Honshu.

Gempa yang cukup besar tersebut dilaporkan tidak mengakibat kerusakan parah terhadap pemukiman warga. Sementara pemerintah setempat tidak melaporkan adanya korban jiwa dalam bencana ini. Demikian diberitakan Associated Press.

Menurut Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) pusat kedalaman gempa ini cukup dangkal, yakni mencapai 36,3 kilometer dibawah permukaan laut. Pusat gempa sendiri berada sekira 108 kilometer sebelah tenggar Hachinohe, Pulau Honsu.

Hingga saat ini Pemerintah Jepang masih mengumpulkan informasi mengenai gempa. Pemerintah Jepang tidak dapat memastikan seberapa besar kerusakan yang diakibatkan oleh gempa, mereka tidak ingin kejadian pada 11 Maret lalu terulang kembali.

Seperti diketahui sebelumnya, Jepang luluh lantak oleh gempa dahsyat berkekuatan 9,0 SR pada 11 Maret lalu. Gempa tersebut menewaskan puluhan ribu warga.

Wilayah terparah yang hancur akibat gempa ini berada di Prefektu Miyagi, Fukushima dan Iwate. Pada Prefektur Fukushima bahkan sempat merebak krisis nuklir, dimana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima mengalami kebocoran akibat gempa yang disertai tsunami tersebut. 
 [okezona]



0 komentar:

Posting Komentar