2011-09-19T16:51:10.747+07:00



ZONA MALAM - Bagi sejumlah selebriti, bagian tubuh adalah aset paling ber harga. Karena itu, mereka rela merogoh kocek hingga triliun an rupiah untuk melindungi ''harta" istimewa tersebut. Sia pa saja mereka dan apa yang digaransikan?

JENNIFER Lopez pernah mendapat julukan perempuan dengan tubuh seharga Rp 1 triliun Itu setelah artis dan diva asal Amerika Serikat berdarah Puerto Rico itu menjaminkan salah satu bagian tubuhnya, yakni (maaf ) pantat, senilai USD 1 miliar, yang menurut kurs saat itu (1999) mencapai Rp 1 triliun. Setelah Lopez menghiasi deretan selebriti yang menjaga aset dengan nilai mahal, kemarin model asal Jerman Heidi Klum mengasuransikan kedua kakinya. Tidak tanggungtanggung, istri penyanyi Seal itu menggaransikan asetnya USD 2,2 juta, atau setara dengan Rp 19,4 miliar.

Artinya, jika terjadi apa-apa terhadap aset tersebut, Klum bakal mendapat ganti rugi sebesar nilai asuransinya. "Sebenarnya bukan saya sendiri yang mengasuransikan kaki itu. Klien saya yang melakukannya," ungkap Klum, dalam acara Extra at The Grove yang ditayangkan Kamis lalu (15/9). "Saya sedang di London, dan saya pergi ke suatu tempat yang petugasnya mengecek kaki saya," imbuhnya. Bagi Klum sendiri, kaki adalah aset yang sangat berharga.

Meski sudah mengundurkan diri dari ikon merek pakaian dalam asal Amerika Serikat, Victoria's Secret pada 2009, Klum ingin ''menghargai" kaki cantik nan panjang yang melengkapi tubuh semampainya. "Saat kaki saya diperiksa, ternyata saya punya luka di sebelah sini gara-gara kejatuhan gelas," papar Klum seraya menunjuk kaki kirinya. "Kata mereka, kaki ini tidak terlalu berharga jika dibandingkan dengan yang kanan," lanjut ibu empat anak itu.

Nah, sebelum produser acara Project Runway itu mengasuransikan kakinya, lebih dari satu dekade lalu Jennifer Lopez sudah bikin heboh lantaran diberitakan mengasuransikan pantat seksinya. Bahkan, pelantun Jenny on The Block itu tidak membantah spekulasi bahwa dia bisa menerima antara USD 28 juta hingga USD 300 juta jika pantat itu terluka secuil saja. "Saya tidak tahu mereka dapat kabar ini dari mana.

Waktu mendengarnya, saya langsung tertawa," ungkap J Lo, sapaan Lopez, kepada People, pada 1999 silam. Perempuan yang sedang berpisah dengan suaminya, Marc Anthony, itu boleh saja tidak transparan membenarkan kabar itu. Tapi, faktanya, mengasuransikan anggota badan sudah menjadi semacam tren bagi pesohor. Umumnya bagi mereka yang berkecimpung di jagat entertainment, anggota badan adalah salah satu modal untuk tetap eksis di dunia penuh gemerlap tersebut.

Misalnya, Rihanna dan Mariah Carey, dua generasi diva yang sama-sama mengasuransikan kakinya sebesar USD 1 juta (setara dengan Rp 8,8 miliar). Uniknya, keduanya tidak mengasuransikan sendiri kaki mereka. Sebaliknya, kaki mereka dijamin oleh perusahaan pisau cukur Gillette. Sejarah mengasuransikan bagian tubuh mungkin bisa ditarik pada awal dekade 40-an. Ketika itu aktris film bisu Betty Grable merasa khawatir akan keselamatan kakinya. Bintang yang meninggal pada 1973 itu pun mengasuransikan kedua anggota tubuh yang jenjang tersebut.

Nominalnya USD 1 juta. Tapi, pada masa itu jumlah tersebut sangat besar. Tren itu segera diikuti juniornya, Dolly Parton, yang mengasuransikan payudara, serta Bette Davis yang menjaminkan waistline alias garis pinggang. Selanjutnya, ada penyanyi Tina Turner dan aktris Jamie Lee Curtis yang sama-sama menggaransikan kedua kakinya.

Brooke Shields mengikuti aksi tersebut. Hanya nilainya tidak diketahui. Seolah belum cukup, Julia Roberts ikut-ikutan mendaftar asuransi. Tapi, yang dijaminkan tidak cukup spesifik, yakni senyum lebar yang menjadi trademark Roberts. Nilainya pun cukup tinggi, yakni USD 30 juta atau Rp 263,8 miliar. Diyakini nilai tersebut mencakup perlindungan terhadap bibir, gigi, serta lesung pipi bintang Pretty Woman itu. America Ferrera, si Ugly Betty, mengekor langkah ini, dengan mengasuransikan senyum senilai USD 10 juta. Namun, bukan kaum hawa saja yang memanfaatkan asuransi sebagai bentuk perlindungan terhadap anggota badan.

Cukup banyak kaum pria yang memilih metode ini demi melindungi asetnya. Salah satunya winger Real Madrid Cristiano Ronaldo. Bahkan, bisa dibilang dialah yang memegang rekor asuransi badan paling mahal, karena kedua kakinya digaransi polis senilai GBP 90 juta atau Rp 1,24 triliun! Manajemen Real yang mengasuransikan kaki Ronaldo. Ini karena bintang asal Portugal itu menderita cedera pada preseason 2009.

Dia cedera lutut ringan saat melawan Juventus di ajang Peace Cup. Tak mau terjadi apa-apa terhadap pemain 25 tahun itu, Real langsung mengambil langkah ekstrem. "Ronaldo dibeli dengan harga mahal, kami tak ingin dia cedera," ungkap juru bicara Real. Ronaldo diboyong dari Manchester United dengan harga fantastis, Rp 1,3 triliun. Sedangkan David Beckham mengasuransikan kakinya lebih murah, yakni Rp 615,6 miliar. Di Inggris ada sebuah perusahaan asuransi yang sengaja mendedikasikan diri untuk menjamin bagian-bagian tubuh pesohor ini.

Namanya Lloyd's of London, yang sempat disebut Heidi Klum. Hampir semua nama selebriti di atas menjaminkan bagian tubuhnya di sana. Lloyd mendapat keuntungan besar karena jarang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap bagian tubuh bintang-bintang tersebut. Namun, yang paling spesial adalah aktor Hongkong, Peter Ho. Dia memilih asuransi yang paling spesifik. Karena dalam film dia diharuskan sering menunggang kuda, orang tuanya khawatir.

Mereka takut kegiatan berkuda itu akan memengaruhi fungsi reproduksi Peter Ho. Mereka menyarankan anaknya itu mengasuransikan bagian tubuh pribadinya. Peter Ho menurut dan ikut asuransi Rp 13 miliar. (na/c2/iro)

http://www.indopos.co.id 
 

0 komentar:

Poskan Komentar