Benfica vs Man United: Waspadai Keganasan Rooney-Chicharito

Manchester United sedang merajalela di kompetisi Premier League Inggris musim ini. Mereka menyapu bersih empat pertandingan dan menempati urutan klasemen teratas dengan mencetak 18 gol dan hanya kebobolan tiga kali.
 http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Rooney-Chicharito.jpg
Fakta sedang ganasnya lini depan United ini mendapat perhatian Pelatih Benfica Jorge Jesus saat timnya kedua tim bertemu pada matchday pertama Liga Champions Grup H di Estadio Da Luz, Lisbon, Portugal, Kamis (15/9/2011) dini hari.

Jesus mengatakan akan menerapkan taktik hati-hati untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan. Satu poin dari pertandingan ini dikatakannya sudah cukup berhasil melawan tim sekelas United.
"Kami ingin menjadi kuat dan bermain taktis, jika kami mampu mengelola itu, kami akan menyeimbangkan pertandingan. Dengan itu kami bisa mendapatkan tiga poin tapi satu poin pun di Liga Champions dari United sangat penting," kata Jesus dilansir Times of India, Selasa (13/9/2011).

Benfica sadar betul menghadapi United adalah ujian berat di kandang. Ia mewaspadai keberadaan pemain-pemain bintang United seperti Wayne Rooney atau Javier "Chicharito" Hernandez yang sedang dalam bentuk permainan terbaik.
"Kami telah mendekati pertandingan ini dengan sesuatu yang berbeda dalam hal taktik karena United adalah salah satu yang terbaik di Eropa dan memiliki pemain top. Tapi kami juga memiliki pemain-pemain berkualitas," tambah Jesus.

Benfica musim ini memang melakukan banyak perubahan dengan mendatangkan sederet pemain pemain pengalaman. Reformasi besar-besaran dilakukan Benfica dengan menjual 13 pemain yang menjadi andalan mereka musim lalu.

Dari 13 pemain itu termasuk Fabio Coentrao yang dijual ke Real Madrid dan Nuno Gomes, mantan pemain Timnas Portugal yang dijual ke SC Braga. Namun penjualan ke-13 pemain ini juga diimbangi dengan pembelian 12 pemain yang secara kualitas masih setara.

Di lini belakang mereka mendatangkan bek Real Madrid Ezequiel Garay dan kiper Artur yang diambil dari Braga. Bek Timnas Spanyol Juan Capdevilla juga didatangkan Benfica dari Villarreal guna memperkuat benteng pertahanan.

Adanya pemain-pemain pengalaman di lini belakang itu diharapkan bisa menghentikan kegarangan Rooney, Luis Nani, Ashley Young, ataupun Chicharito yang akhir pekan lalu langsung mencetak dua gol ke gawang Bolton dalam debutnya sebagai starter musim ini.

Benfica juga memiliki gelandang asal Belgia Axel Witsel. Dalam beberapa pertandingan terakhir Witsel terlihat nyetel dengan playmaker veteran Pablo Aimar. Dua pemain ini menjadi ruh lini tengah Benfica sekaligus jadi faktor pemantik setiap serangan yang dibangun Benfica.
Aimar juga terlihat makin matang saat bekerjasama dengan rekan senegaranya dari Argentina, Javier Saviola. Disamping itu, Benfica juga memiliki striker Timnas Paraguay Oscar Cordozo.

United datang ke Portugal dengan penghormatan tinggi terhadap Benfica meski di atas kertas sang juara Liga Inggris itu lebih diunggulkan dibandingkan runner up Liga Portugal  tersebut. 

Manajer Sir Alex Ferguson sangat mengantisipasi permainan Benfica yang bisa menerkam siapa saja.
"Pertandingan pembukaan Champions akan jadi pertandingan berat. Benfica selalu mampu mengatasi sesuatu dan selalu membuat pertandingan sulit. Saya menyaksikan mereka di beberapa pertandingan musim lalu," ujar Fergie dilansir Goal.com.

Dalam analisis Fergie, Benfica menitikberatkan permainannya pada tiga gelandang yang menjadi motor serangan mereka. Untuk itu, pelatih asal Skotlandia sudah mempersiapkan beberapa gelandang yang diharuskan bekerja keras.

Jika di pertandingan sebelumnya Fergie sangat nyaman dengan memainkan beberapa gelandang muda, kali ini ia akan mengubahnya dengan memasang gelandang-gelandang lama yang kenyang pengalaman.

Fergie kembali melirik gelandang-gelandang lama seperti Michael Carrick, Darrent Fletcher, Park Ji-Sung, dan Ryan Giggs untuk memperkuat lini tengah.

Meski demikian, Fergie tetap mengikutkan Anderson, Ashley Young, Nani, dan Antonio Valencia yang sudah sembuh dari cedera panjang. Sementara gelandang muda Tom Cleverley absen karena cedera.

Yang cukup mengejutkan dari rombongan United ke Portugal, Fergie tidak mengikutsertakan bek tengah Rio Ferdinand. Padahal bek tangguh itu sudah kembali bisa bermain setelah sembuh dari cedera hamstring dan sempat dimainkan melawan Bolton.

Di barisan belakang United, Fergie membawa David de Gea, Anders Lindegaard, Johny Evans, Patrice Evra, Fabio da Silva, Phil Jones, dan Chris Smalling. Barisan defender masih minus Nemanja Vidic dan Rafael da Silva yang mengalami cedera.

Sementara di lini depan, United tidak membawa Danny Welbeck yang berada dalam kondisi kurang fit. Dimitar Berbatov dan penyerang gaek Michael Owen masuk dalam daftar untuk melapisi Rooney dan Chicharito.

Pertemuan Benfica dan United diprediksi akan menghadirkan pertandingan seru dengan reputasi kedua tim di kompetisi tingkat Eropa. Benfica musim lalu sukses melaju hingga ke semifinal Liga Europa sementara United jadi runner up Liga Champions.
tribunnews.com

FasingNet 14 Sep, 2011


0 komentar:

Poskan Komentar