Batu Meteor Berlafadz "ALLAH",Dijual 100 Juta !!



Batu meteor bertulis asma Allah ditemukan di Belitung. Batu ini dijual Rp 100 Juta. Berminat?

Batu berukuran sekitar 5 cm ini dijual di pameran ragam budaya Bangka-Belitung di bibir Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Rabu (12/10/2011). Pameran ini diselenggarakan dalam rangkaian penutupan acara sail Wakatobi-Belitung.

Lafadz Allah pada batu berbentuk lonjong ini jelas sekali terlihat memanjang. Batu ini diyakini mampu menarik minat para kolektor batu alam.

"Ini mahal karena ada tulisan Allah. Ini keajaiban mas, ini untuk koleksi," ujar penjual batu dari Stan Pemerintah Kabupaten Belitung, Rustam, kepada detikcom.

Batu satam atau batu meteor adalah batu langka yang kerap ditemukan penambang timah tradisional di Belitung. Batu satam diyakini berasal dari meteor yang jatuh ke bumi.

Masyarakat semakin yakin karena tekstur batu yang tak biasanya. Batu bertekstur keras dan bergelombang seperti permukaan bulan dari teleskop.

Selain itu dua batu satam punya kekuatan magnet saling menolak. Jadi apabila dua genggaman tangan memegang dua batu satam, maka akan menimbulkan efek bertolakan. Batu ini juga diyakini dapat digunakan sebagai media penyembuhan.

"Ini bisa jadi alat kesehatan. Jadi lebih baik daripada gelang power balance," ujarnya.

Sebongkah kecil batu meteor ini bisa dihargai Rp 300 ribu sampai jutaan hingga ratusan juta rupiah. Harga batu satam tergantung pada banyaknya guratan pada batu.

"Semakin banyak guratannya semakin mahal harganya," ujar seorang penggemar batu Satam, Raymond.

Batu satam yang dibuat cincin berukuran kecil dijual pada kisaran Rp 170 ribu sampai Rp 250.000. Cincin berukuran besar dijual di atas Rp 500 ribu.

Bongkahan batu satam dijual sesuai dengan guratannya. Yang paling bagus, guratannya mirip dengan patung di tengah kota Tanjung Pandan, Belitung. Harganya sekitar Rp 800 ribu.

Selain batu satam, di pameran ini juga dijual pernik-pernik khas belitung lainnya. Seperti akar bahar dan kain tenun lokal. Akar bahar yang biasa dijual Rp 50-100 ribu. Sedang yang sudah dipoles halus dijual Rp 200 ribu. Berminat?

(Sumber:detikNews)



0 komentar:

Poskan Komentar