Tips Fokus Belajar Di Kelas

http://www.dhewy.com/wp-content/uploads/2011/08/Belajar-Menghadapi-Ujian-Nasional-2012.jpg
kenapa kita terkadang saat jarang fokus saat belajar di kelas ? padahal kita berniat ingin selalu fokus belajar, akan tetapi terkadang tanpa kita sadar pikiran kita melayang-layang membuat kita tidak dapat fokus belajar dalam kelas. mungkin ada yang salah dalam pola hidup kita. berikut ini adalah tips agar kita selalu fokus belajar saat di kelas.
1. lakukan pola tidur yang cukup
para ahli meganjurkan kita agar selalu tidur kurang lebih delapan jam perhari. anjuran tersebut sangat penting untuk kita , karena pada saat itu tubuh kita mereparasi diri untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Sementara itu, Direktur Sleep Research Center, Universitas Loughbrough, Profesor Jim Horne menyatakan salah satu fungsi utama tidur adalah memungkinkan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri. Oleh karena itu tidur yang cukup sangat baik untuk otak kita, karena selama tidur, korteks, bagian terbesar otak yang mengatur fungsi-fungsi yang lebih tinggi, seperti pikiran dan tindakan masuk ke tahapan reparasi. Sebabnya, ketika anda kurang tidur, anda bakal mudah marah, cepat stress, pelupa dan tidak mudah berkosentrasi pada tugas.
2. melakukan olahraga pagi
kita sangat membutuhkan yang namanya olahraga, karena dapat mencegah penyakit yang ada dalam diri kita. Dengan olahraga kita juga dapat berfikir lebih positif agar dapat menghadapi masalah dalam hidup kita. olahraga pun dapat membuat kita berfikir lebih tajam 4-10 jam setelah berolahraga, oleh karena itu sangat penting melakukan lari pagi atau pun senam pagi.
3. sarapan atau makan pagi
Bagi anak sekolah, makan pagi meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran, sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik. Seperti yang dikatakan ahli gizi anak di Universitas Miami, pola diet dengan menyertakan sarapan pagi bagi anak akan memacu pertumbuhan yang tepat dan memaksimalkan kemampuan di sekolah. Selain itu kita juga perlu banyak makan makanan yang menghasilkan kalori yang tinggi agar bisa bertahan lama dalam belajar nanti. Jadi tak usah takut gemuk bila makan makanan yang banyak kalorinya karena nanti akan dipakai habis bila kita belajar dengan fokus dan serius. Manfaat yang kita dapat ketika kita rutin makan pagi atau sarapan adalah dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktifitas atau belajar atau pun bekerja dengan baik, membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran. Sedangkan akibat jika kita tidak rutin makan pagi, adalah Jika untuk anak sekolah akan malas dan tidak dapat berpikir dengan baik, untuk orang dewasa, performance kerja akan menurun. jadi jangan pernah melupakan sarapan pagi.
4. hilangkan kebiasaan malas
Malas adalah rasa dari dalam diri kita untuk menunda suatu tindakan atau rasa enggan melakukan tindakan. Ketika malas tiba kita harus berani melawannya. Selain itu pikiran kita harus terfokus pada satu tindakan. Biasanya malas yg timbul di tengah-tengah tindakan dikarenakan pikiran kita melayang ke mana-mana. Yang akhirnya malah memunculkan rasa malas. Pokoknya kuncinya adalah nekat dan berani meninggalkan kemalasan lalu mengerjakan sesuatu yg berguna. Makanya jika kita tetap memelihara kebiasan malas, ini dapat menganggu kita dalam belajar dikelas.
5. dan jangan lupa niat ibadah.

0 komentar:

Poskan Komentar