ECB Menaikkan Suku Bunga Zona Euro Menjadi 1,5%


Bank Sentral Eropa (ECB) telah menaikkan suku bunga menjadi 1,5% dari 1,25% dalam upaya untuk mendinginkan inflasi di zona euro 17-negara.
Kenaikan secara luas diharapkan setelah presiden ECB Jean-Claude Trichet mengindikasikan bulan lalu bahwa langkah tersebut adalah mungkin.
Meskipun masalah utang yang dihadapi beberapa negara zona euro lebih kecil, ECB khawatir tentang overheating pada ekonomi seperti Jerman.
Inflasi zona euro adalah 2,7%, di atas target ECB hanya di bawah 2%.
Bulan lalu, Trichet mengatakan ECB akan terus "kewaspadaan yang kuat" pada inflasi - dilihat sebagai sinyal kepada pasar keuangan yang naik merupakan sebuah kemungkinan.
Peran utama ECB adalah untuk menjaga inflasi yang rendah dengan menetapkan suku bunga untuk 17 negara yang menggunakan euro.
Tetapi ada kekhawatiran bahwa peningkatan tingkat akan meningkatkan biaya pinjaman, menambah tekanan pada negara-negara seperti Yunani dan Portugal.
Kekuatan melanjutkan ekonomi Jerman adalah digarisbawahi minggu ini dengan angka yang menunjukkan bahwa pesanan manufaktur naik 1,8% pada bulan Juni. Banyak analis telah memperkirakan jatuh.
Dalam konferensi pers yang akan mengikuti pengumuman suku bunga, Trichet mungkin menghadapi pertanyaan tentang krisis utang Eropa.
Sejak pertemuan ECB terakhir di bulan Juni, zona euro dihindari standar utang pertama sejak pembentukannya pada tahun 1999 setelah Parlemen Yunani menyetujui langkah-langkah penghematan yang dibutuhkan oleh kreditor internasional.
ECB telah memainkan peran sentral dalam krisis utang dengan menjaga bank Yunani mengapung dengan uang tunai darurat.
Sebuah kenaikan suku bunga ini diharapkan dapat memperkuat euro terhadap pound.
Sebelumnya pada hari Kamis, Bank of England mempertahankan suku Inggris pada rekor rendah 0,5%. Harga telah diselenggarakan di tingkat ini selama lebih dari dua tahun.
Source: 
pethel 08 Jul, 2011


--
Source: http://ada-lowongan.blogspot.com/2011/07/ecb-menaikkan-suku-bunga-zona-euro.html
~

0 komentar:

Poskan Komentar