Trichet Memperingatkan Pelebaran Ketidakseimbangan Global

Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet pada hari Minggu mengangkat kekhawatiran tentang pelebaran ketidakseimbangan global setelah krisis keuangan, menyebut mereka salah satu tantangan utama untuk ekonomi global.
Ketidakseimbangan global disalahkan untuk berkontribusi dan memperparah krisis keuangan dan resesi yang melanda ekonomi global pada tahun 2008 dan 2009.
"Kekhawatiran setelah beberapa pengurangan parsial disebabkan oleh krisis, ketidakseimbangan global mulai melebar lagi," kata Trichet menurut teks pidato untuk upacara, di mana ia dianugerahi Hadiah Ekonomi Global 2011 oleh Institute Ekonomi Dunia di kota Jerman utara Kiel.
Ketidakseimbangan tersebut meningkatkan tantangan bagi kerjasama moneter internasional dan fiskal, Trichet mengatakan, mengacu pada ketidakseimbangan global sebagai "salah satu tantangan utama yang dihadapi ekonomi global dan masyarakat dunia."
Para menteri keuangan dari negara ekonomi utama dunia mencapai kesepakatan mengubah-ubah pada bulan Februari tentang bagaimana mengukur ketidakseimbangan tersebut setelah Cina mencegah penggunaan nilai tukar dan cadangan mata uang sebagai indikator.
Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya menuduh Beijing mempertahankan yuan secara artifisial undervalued untuk meningkatkan ekspor, maka mengumpulkan cadangan mata uang asing yang besar yang mereka katakan mendistorsi perekonomian dunia.
Trichet mengatakan zona euro tidak memberikan kontribusi ketidakseimbangan global, menunjuk ke proyeksi oleh Dana Moneter Internasional (IMF) yang melihat akun kawasan euro saat ini seimbang tahun ini dan berikutnya, sampai dengan tahun 2015.
Dia menunjukkan bahwa "kawasan euro memiliki saham yang signifikan dalam menyeimbangkan kembali efektif-global, khususnya melalui kebijakan sounder domestic di seluruh dunia yang pada gilirannya, akan berkontribusi pada stabilitas eksternal global."
Zona euro sedang berjuang dengan krisis utang yang parah, menghadapi tes yang terberat seperti mencoba untuk mencegah
defaultingYunani .
ECB bertentangan dengan pemerintah, termasuk Jerman, sebuah paket penyelamatan untuk Yunani, dan khususnya atas syarat-syarat dari setiap langkah untuk menarik pemberi pinjaman sektor swasta ke dalam operasi penyelamatan.
Trichet mengkritik proses pembuatan kebijakan blok mata uang itu, mengatakan pemerintahan yang kurang.
"Pemerintahan serikat ekonomi tidak cukup," katanya kepada khalayak di kota Jerman utara Kiel setelah menerima Hadiah Ekonomi Global.
"Kami tidak bertanggung jawab atas pemerintahan di serikat ekonomi," tambahnya, mengacu pada peran yang dimainkan oleh ECB. "Dalam domain ini kita bertindak sebagai penasihat."
"Kami telah bekerja sangat keras hari ini, dan memperbaiki tata kelola hari ini  persis apa yang sedang dinegosiasikan antara dewan, yang ... parlemen dan komisi," kata Trichet.
"Kami mendorong trialogue ini ... pelajaran yang dapat ditarik dari situasi sekarang ini mendorong kita ke arah
yang berani perubahan  dalam pemerintahan," katanya.
Trichet tidak menjelaskan apa perubahan ini bisa,ia  mengatakan itu adalah "work in progress."
Source: 
pethel 23 Jun, 2011


--
Source: http://ada-lowongan.blogspot.com/2011/06/trichet-memperingatkan-pelebaran.html
~

0 komentar:

Poskan Komentar