Bola Api Utang Yunani

Krisis utang Yunani membahayakan ekonomi sedikitnya lima negara Uni Eropa lain, kepala kelompok menteri keuangan zona euro telah memperingatkan.
Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker mengatakan Jerman  "bermain api" dengan rencana untuk melibatkan kreditor swasta dalam mengatasi krisis.
Menteri keuangan zona euro menetapkan untuk melepaskan 12 milyar euro (£ 10 miliar) pinjaman pada hari Minggu.
George Papandreou mengkonfirmasi pembicaraan mengenai kedua bail-out yang terjadi.
Pinjaman 12 milyar euro merupakan tahap terbaru dari Uni Eropa dan paket bantuan IMF, disepakati pada bulan Mei tahun lalu, senilai euro 110bn.
Berbicara pada hari Minggu pada awal tiga hari perdebatan, Mr Papandreou mengatakan bahwa Yunani dalam pembicaraan untuk bail-out
baru "kira-kira sama" untuk paket pertama, dan menyerukan referendum di musim gugur pada "perubahan sistem politik ", termasuk konstitusi negara.
Mr Papandreou meminta parlemen untuk mendukung kabinet baru, mengatakan Yunani memberikan kesan itu terbagi atas reformasi keuangan, yang tidak membantu situasi ekonomi.
Anggota parlemen akan melakukan pemungutan suara mosi kepercayaan diri pada hari Selasa setelah perombakan kabinet hari Jumat mantan Menteri Pertahanan Evangelos Venizelos menggantikan George Papaconstantinou dalam pelayanan keuangan.
Langkah ini memicu lonjakan saham bank Yunani namun gagal untuk meredakan kemarahan di jalanan.
Yunani membutuhkan 12 milyar euro pinjaman IMF dan Uni Eropa untuk menghindari default utang yang jatuh tempo untuk pembayaran selama beberapa bulan ke depan.
Tapi uang itu tergantung pada pemerintah menerapkan serangkaian reformasi domestik yang menyakitkan yang telah memicu pemogokan nasional, demonstrasi dan kerusuhan di jalan-jalan ibukota.
Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengatakan bahwa investor swasta harus didorong untuk berbagi beberapa beban utang Yunani dengan membiarkan waktu
ekstra  untuk negara yang membayar mereka. 'Salah sinyal'
Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy telah menekankan keterlibatan tersebut harus bersifat sukarela, tetapi kreditor swasta harus "menunjukkan solidaritas".
Tapi Mr Juncker kepada koran Jerman Süddeutsche Zeitung pada hari Sabtu bahwa usulan ini "bermain api" karena akan mengirim sinyal yang salah kepada badan-badan peringkat yang kemudian dapat memutuskan Yunani mengalami kegagalan pembayaran nya.
Jika Yunani itu ke default, biaya peminjaman akan meningkat untuk lainnya negara zona euro yang berjuang, memaksa mereka untuk default pada gilirannya.
Mr Juncker mengatakan kecuali dikelola dengan baik, krisis "bisa membuktikan menular untuk Portugal dan Irlandia, dan kemudian juga untuk Belgia dan Italia karena beban utang yang tinggi, bahkan sebelum Spanyol".
Dia mengatakan usulan Nyonya Merkel didasarkan pada "pertimbangan politik domestik di Jerman".
Secara terpisah pada hari Minggu, Presiden Bank Sentral Eropa mengkritik para pembuat kebijakan zona euro untuk tata pemerintahan yang buruk.
"Pemerintahan serikat ekonomi tidak cukup," kata Jean-Claude Trichet penonton di kota Kiel Jerman.
Menteri keuangan dari negara-negara zona euro akan bertemu di Luxembourg di kemudian hari Minggu, di mana mereka akan hampir pasti melepaskan 12 milyar euro pinjaman berikutnya yang telah dijanjikan ke Yunani serta membahas paket bail-out kedua.
Tetapi wartawan BBC Chris Morris di Athena mengatakan, banyak orang ragu apakah akan cukup untuk menyelamatkan perekonomian negara.
Ribuan pengunjuk rasa berbaris di parlemen Yunani pada hari Sabtu untuk menunjukkan kemarahan mereka pada kampanye terus penghematan Perdana Menteri George Papandreou yang akan melihat pemotongan yang signifikan untuk pelayanan publik dan menjual perusahaan negara.
Source: 
pethel 23 Jun, 2011


--
Source: http://ada-lowongan.blogspot.com/2011/06/bola-api-utang-yunani.html
~

0 komentar:

Poskan Komentar